Selamat Datang & Terima kasih Kunjungannya, Kami Mangabarkan Selanjutnya Anda Menentukan, Menerima Pesanan & Info Registrasi Anggota Kirim ke gecor_raden@plasa.com

Tuesday 21 August 2012

Kelelahan Mudik Darat Efeknya Seperti Jet Lag

Melakukan perjalanan jauh saat mudik sering membuat orang merasa kelelahan, lalu dampaknya adalah gangguan pada pola tidur. Bagi orang awam, efek ini mirip seperti jet lag dalam penerbangan antar zona waktu. Bagaimana mengatasinya?

Sebenarnya kurang tepat untuk disebut jet lag karena istilah tersebut hanya berlaku untuk penerbangan jarak jauh yang melintasi melintasi zona waktu secara ekstrem. Namun apa mau dikata, istilah yang terlanjur populer di kalangan awam untuk menyebut gejala ini adalah 'jet lag' versi darat.

"Sebenarnya itu cuma kelelahan biasa, bukan jet lag. Mudik lewat darat itu kan paling bolak-balik dari Jakarta ke Surabaya, jadi tidak ada perbedaan zona waktu," kata Dr Wawan Mulyawan, SpBS, seorang pakar kesehatan penerbangan saat dihubungi detikHealth, Selasa (21/8/2012). Bagi orang awam, memang ada gejala yang dirasakan hampir mirip antara jet lag sesungguhnya dengan 'jet lag' versi perjalanan darat. Dua-duanya menyebabkan perubahan pola tidur, misalnya jadi susah memejamkan mata pada malam hari dan sebaliknya selalu mengantuk di siang hari.

Dr Wawan mengakui, gejala-gejala yang muncul akibat kelelahan di perjalanan darat seringkali tidak terhindarkan. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas, mengingat tidak sedikit pemudik yang keesokan harinya langsung masuk kerja sesampainya di kota tujuan. Untuk mengatasinya, Dr Wawan menambahkan bahwa tidak ada pilihan lain kecuali istirahat. Mengonsumsi obat-obatan dengan tujuan bisa tidur nyenyak selama dalam perjalanan jarak jauh melalui jalur darat tidak dianjurkan karena semua obat pasti ada efek sampingnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT alias dr Ade. Menurutnya, tidak ada satu zat pun yang bisa menggantikan manfaat tidur sehingga satu-satunya obat untuk mengatasi maupun mencegah kelelahan hanyalah tidur yang cukup.  "Dimulai sebelum memulai perjalanan jauh, kita sudah harus persiapan dengan meluangkan satu hari untuk istirahat full. Kesalahannya adalah, seringkali kita kurang persiapan kemudian diforsir, tidak sempat istirahat di kampung halaman karena harus silaturahmi segala macam. Ya pasti drop," kata dr Ade.

Sementara itu dalam rilisnya kepada wartawan, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof Dr Tjandra Yoga Aditama, MPH memberikan sejumlah tips untuk mengurangi dampak negatif dari kelelahan akibat perjalanan mudik.
Tips-tips yang perlu diterapkan sesampainya di tempat tujuan menurut Prof Tjandra adalah sebagai berikut.
1. Pola makan seyogyanya kembali diatur agar sehat dan seimbang.
2. Lakukan olahraga secara teratur.
3. Bila perlu lakukan cek kesehatan dan laboratorium, untuk melihat kemungkinan dampak kelelahan mudik dan balik serta pola makan beberapa hari ini yang tidak terkontrol baik. (up/ir)

Sumber : AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Artikel Terkait :




0 comments:

Post a Comment

Product Guide

Cassia Seed

 

Ganoderma Lucidum

Cassia SeedBiji kayu manis (Cassia seed) berasal dari tanaman yang pohonnya tegak lurus yang sering disebut kayu manis atau jue ming zi dan  merupakan tanaman asli dari daerah tropis. Jenis tanaman ini sangat …

 

Apa Itu Ganoderma Lucidum?Ganoderma lucidum juga disebut Língzhi (Bahasa tradisional Cina; Jepang: reishi; Korea: yeongji) adalah nama untuk sejenis jamur, dan keluarga dekat nya adalah Ganoderma tsugae. Ganoderma lucidum mendapatkan penghargaan khusus di Asia, …

UV Cut (Sun-Block Lotion) (D38)

 

Spirulina Tablet (A06A)

UV Cut (Sun-Block Lotion) (D38)UV Cut (Sun-Block Lotion) (D38) – Rp 75.000,- (50 gram/botol)

Mengandung bahan dasar UV Cut fitting whitening capsule, Ultra Fine Zinc Oxide, Moroccan ice Mint, dan Ice Algae, UV Cut ini dapat menangkal sinar matahari yang …

 

Spirulina Tablet (A06A)Spirulina Tablet (A06A) – Rp 166.000,- (200 tablet/botol)

Terbuat dari Ganggang Spiral (Spirulina), yang sangat terkenal akan kandungan gizinya yang amat tinggi.
Penelitian WHO mengatakan bahwa gizi dari 1 gr ganggang spiral, setara dengan 1000 gr gizi …

World Slimming Capsules(A44B)

 

Collagen (A23A)

World Slimming Capsules (A44B) – Rp 213.900,- (60 kapsul/botol)

Masalah kegemukan sudah menjadi masalah yang bersifat mendunia. Dapat diet dengan aman merupakan sebuah pertanyaan yang sangat penting....

 

Collagen (A23A)Collagen (A23A) – Rp 252.000,- (100 softgel/botol)

Kolagen adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk dapat terus meregenerasi sel-selnya, sehingga kulit tampak lebih elastis, berseri dan sehat.
Produk Collagen ini terbuat dari kolagen alami, minyak nabati …

Registrasi Anggota



Nama *
Alamat *

Tulis Alamat Jalan

Nomor & RT-RW

Kota

Propinsi

Kode Pos

Pilih Negara
Tempat Lahir
Tanggal Lahir

MM
/
DD
/
YYYY
Email *
Nomor Tlp/Flexi/HP *
Nama Bank *
Nomor Rekening *
Menyetujui Ketentuan Keanggotaan *
 Ya, Saya Setuju 
Upload a File (Photo Copy KTP/SIM)
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]